Memahami Pengertian Sedimentasi

Pernah mendengar istilah sedimentasi? Secara sederhana, kata sedimentasi tersebut merujuk pada proses pengendapan material sebagai akibat dari erosi. Penyebabnya erosi ini sendiri bisa bermacam-macam, bisa karena es, angin, air ataupun gletser. Pengertian sedimentasi di atas memang terlalu sederhana sebab faktanya dalam proses pengendapan tersebut banyak unsur yang melingkupinya. Namun pada prinsipnya, sedimentasi ini terjadi karena adanya transport material hasil erosi oleh medium tertentu dan dibawa ke tempat yang lebih rendah.

Macam-Macam Sedimentasi

Jika didasarkan pada penyebabnya, sedimentasi dibagi ke dalam 3 kelompok, yakni:

Sedimentasi Oleh Air

Sedimentasi pada kelompok ini disebabkan oleh aliran air yang membawa lumpur serta material lainnya yang merupakan hasil erosi ke wilayah yang lebih rendah. Adapun wilayah sedimentasi oleh air umumnya di waduk, situ, danau, tepi pantai, dasar lautan, muara sungai dan aliran air lainnya yang berada di dataran rendah. Sedimentasi oleh air ini, pada kondisi tertentu akan merugikan. Jika berlangsung secara terus menerus maka akan terjadi pendangkalan sungai, waduk dan juga situ.

Endapan material hasil erosi yang menumpuk di muara sungai atau juga tepian pantai dikenal dengan nama delta/gosong pasir. Ia merupakan daratan pada muara sungai yang dibentuk oleh endapan sungai. Sementara itu, yang dimaksud dengan gosong pasir tak lain adalah gundukan pepasir dari tanah atau lumpur yang ada di tepi pantai. Gosong pasir ini terlihat menyembul di permukaan laut terlebih saat air sedang surut. Saat pasang, maka gosong pasir ini kembali tenggelam.

Lantas apa yang terjadi apabila material lumpur hasil erosi dibawa hingga ke lautan? Yang terjadi adalah material tersebut akan dihempaskan lagi oleh gelombang laut sehingga ia akan kembali ke pantai dan membentuk tanggul pantai. Lazimnya, air dari tanggul pantai tersebut tawar, meski air di sekitarannya asin.

Sedimentasi Oleh Es/Gletser

Ada kondisi dimana bongkahan es atau gletser menggelinding dari wilayah tinggi ke yang lebih rendah. Peristiwa ini masuk pula dalam cakupan pengertian sedimentasi sebab gelinding es tersebut mengikis batuan juga tanah yang ia lewati. Sebagai akhirnya, material tersebut akan mengendap di lembah tempat di mana gletser tersebut berakhir. Istilah untuk menyebut hasil sedimentasi gletser adalah Morain.

Sedimentasi Oleh Angin

Angin yang berhembus juga membawa material berupa pasir dan debu. Material ini akan menumpuk dan disebut dengan nama tanah loss. Tanah ini cenderung subur dan cocok untuk medium bertani apabila sistem perairannya bagus. Di gurun pasir, material yang dibawa angin juga akan mengendap dan membentuk bukit-bukit pasir atau yang dikenal juga dengan nama Sand Dunes.

Demikian pengertian sedimentasi beserta contoh-contohnya. Semoga bisa memperkaya khasanah pengetahuan Anda.