Letak Geografis Jepang

Letak Geografis Jepang
Pasti di antara kalian banyak kan yang sudah mengenal Negara Jepang atau mengagumi sesuatu hal yang berbau jepang? Beberapa dari kalian bahkan mungkin sudah pernah mengunjunginya. Kurang lengkap rasanya kalau kita hanya mengunjungi tetapi tidak mengetahui letak geografis Jepang. Berikut ini di blog Belajar Ilmu Geografi akan dibahas lebih mendalam tentang letak geografis Jepang.

Jepang merupakan Negara berbentuk kepulauan di timur daratan Asia yang membentang dari utara hingga ke selatan. Jepang dinamakan oleh orang jepang sendiri yaitu Nippon dan juga dijuluki sebagai Negeri Sakura dan Negara Matahari Terbit.


Letak Geografis Jepang sendiri adalah di persisir Lautan Pasifik, lebih tepatnya di sebelah timur Benua Asia. Istilah dari kepulauan Jepang merujuk pada empat pulau besar dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Rata – rata sekitar 70% hingga 80% wilayah di jepang terdiri dari pegunungan berhutan lebat yang cocok untuk pertanian, industri, dan juga permukiman. Tetapi daerah yang curam juga berbahaya untuk dihuni karena bisa beresiko tanah longsor. Oleh sebab itu, permukiman penduduk jepang terpusat di kawasan pesisir. Dan jepang termasuk salah satu Negara berpenduduk terpadat di dunia. Jepang yang beribukota di Tokyo ini merupakan Negara Industri terbesar ke-2 setelah Amerika serikat.

Berikut ini fakta-fakta menarik seputar negara Jepang :
  • Luas Wilayah Jepang : 370.370 KM2
  • Letak Astronomis : 30° LU – 47° LU dan 128° BT – 146° BT;
  • Letak Geografis : jepang terletak di kawasan Asia timur yang terpisah dari benua Asia, di sebelah timur benua Asia dan Sebelah barat samudera Pasifik
  • Iklim : muson laut sedang
  • Keadaan penduduk : tahun 1998, jumlah penduduknya adalah 126.400.00 jiwa. Pertumbuhan penduduknya 0,3% dan kepadatannya 326 jiwa/KM2.
  • Bentuk pemerintahaan : kepala negaranya adalah Kaisar/tenno, dan lepala pemerintahan jepang adalah perdana mentri
  • Bahasa : kebanyakan bahasa yang digunakan bahas jepang dengan huruf Kanji
  • Agama : sebagian besar agamanya adalah Sinto dan Budha
  • Kegiatan ekonnomi : Industri, perikanan, pertanian, perdagangan, pertambangan dan perhubungan.
  • Kebudayaan : kebanyakan jepang menerima pengaruh dari cina tetapi terdapat juga perbedaan yang jelas antara keduanya misalnya seni sendra tari, upacara minum teh, teknik merangkai bunga, dll. Tetapi kebudayaan dan kebiasaan jepang yang harus di contoh adalah suka bekerja keras dan kedisiplinan yang tinggi.

Bentuk kerja sama dengan Indonesia : hubungan dengan Indonesia adalah dalam berbagai hal seperti, bidang politik, bidang ekonomi, penanaman modal, bidang tekhnologi, dan bidang pendidikan dan kebudayaan.
Sekian adalah info lengkap tentang letak geografis jepang semoga dapat membantu dan bermanfaat buat kalian semua.